Cara Menggunakan “Pencarian Cepat” Ctrl + F dalam Edit HTML Template Blogger

Cara Menggunakan “Pencarian Cepat” Ctrl + F dalam Edit HTML Template BloggerSaya punya pengalaman unik saat  mengedit HTML template blogger. Karena itu saya ingin share tips yang sebenarnya sangat sepele ini, tentu tidak lain maksudnya agar Anda yang masih pemula seperti saya, tidak mengalaminya. Ini soal fasilitas pencarian cepat atau Ctrl + F pada edit HTML template blogger.

Kita tahu bahwa template blog atau site dibangun dengan serangkaian kode-kode HTML yang sangat panjang dan rumit. Karena itu, tutorial-tutorial blog biasanya tidak lupa menyarankan agar menggunakan Ctrl + F apabila ingin mencari atau mengedit kode-kode TERTENTU di dalam halaman edit HTML, karena memang hampir tidak mungkin mencari kode-kode tersebut secara manual dengan memelototi satu per-satu dari awal hingga akhir. 

Dengan menggunakan Ctrl + F, maka kita tinggal mengetik kode HTML yang ingin dicari, kemudian tekan Enter, secara otomatis kursor akan menyorot dan menemukan kode HTML dimaksud. Jika terdapat lebih dari satu atau banyak kode yang sama, pencarian dimulai dari posisi teratas.

Sederhana, bukan????? Tapi justru di sini pengalaman unik itu bermula. Entah lupa atau karena menganggap sepele, kebanyakan tutorial yang saya baca tidak menjelaskan bagaimana sebenarnya cara melakukan Ctrl + F itu? Akibatnya, Ctrl + F lalu muncul tab search dan saya mulai mencari kode namun tidak pernah menemukan sehingga membuat saya hampir punah...hehe

Belakangan baru saya tau, bahwa ternyata sebelum menekan Ctrl + F, posisi kursor harus diklik atau diletakkan lebih dulu di dalam kotak halaman edit HTML. Kalau tidak, maka fungsi Ctrl + F untuk melakukan pencarian cepat kode HTML tidak akan pernah mendapatkan kode yang anda cari.

Kok bisa, kode yang saya cari tidak muncul ? padahal sudah muncul Search ?
Jawabnya: Karena yang muncur adalah Search browser....bukan  search Kode HTML.

Cara agar search Kode HTML yang muncul saat menekan Ctrl+F gimana ???
Jadi, bagi yang belum tau inilah cara yang benar dalam menggunakan fasilitas pencarian cepat kode HTML dengan menggunakan Ctrl + F :

  1. Masuk dasbor blogger dan pilih blog yang akan diedit
  2. Pilih Template lalu pilih Edit HTML 
  3. Arahkan kursor ke dalam kotak halaman edit HTML lalu klik ke tengah kode-kode yang muncul dan pastikan kursor sudah berada didalam kode-kode tersebut
  4. Tekan Ctrl + F 
  5. Pada kotak pencarian yang muncul di sudut kanan atas, ketik kode HTML yang ingin dicari. (Kode HTML hasil pencarian akan dimunculkan dengan blok warna kuning, namun baru untuk satu halaman teratas).
  6. Jika kode terlalu panjang pilih kode yang agak pendek namun mewakili kata-kata/kode yang akan anda cari
Gambar: Cara Mencari Kode HTML

0 Response to " Cara Menggunakan “Pencarian Cepat” Ctrl + F dalam Edit HTML Template Blogger"

Post a Comment